HADIST TENTANG WANITA

Hadist Tentang

( – 28)
Telah menceritakan kepada Abdullah bin Maslamah dari Malik dari Zaid bin Aslam dari ‘Atho’ bin Yasar dari Ibnu ‘Abbas berkata, Nabi shallallahu ‘ bersabda: “Aku diperlihatkan neraka, ternyata kebanyakan penghuninya adalah wanita. Karena mereka sering mengingkari”. Ditanyakan: “Apakah mereka mengingkari Allah?” Beliau bersabda: “Mereka mengingkari pemberian suami, mengingkari kebaikan. Seandainya kamu berbuat baik terhadap seseorang dari mereka sepanjang masa, lalu dia melihat satu saja kejelekan darimu maka dia akan berkata: ‘aku belum pernah melihat kebaikan sedikitpun darimu”.

(BUKHARI – 927) : Telah menceritakan kepada kami Abu Ma’mar berkata, telah menceritakan kepada kami ‘Abdul Warits berkata, telah menceritakan kepada kami Ayyub dari Hafshah binti Sirin berkata, “Dahulu kami melarang anak-anak gadis remaja kami keluar untuk ikut melaksanakan shalat di Hari Raya ‘Ied. Lalu datanglah ke kampung Bani Khalaf, maka aku pun menemuinya. Lalu ia menceritakan bahwa suami dari saudara perempuannya pernah ikut perang bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam sebanyak dua belas peperangan, dan saudara perempuannya itu pernah mendampingi suaminya dalam enam kali peperangan.” Ia (saudara wanitanya itu) berkata, “Kami merawat orang yang sakit dan mengobati orang-orang yang terluka.” Saudara perempuanku bertanya kepada Rasulullah, “Wahai Rasulullah, apakah berdosa bila seorang dari kami tidak keluar karena tidak memiliki jilbab?” Beliau menjawab: “Hendaklah temannya meminjamkan jilbabnya, sehingga mereka dapat menyaksikan kebaikan dan mendo’akan Kaum Muslimin.” Hafshah berkata, “Ketika Ummu ‘Athiyyah datang, aku menemuinya dan kutanyakan kepadanya, ‘Apakah kamu pernah mendengar tentang ini dan ini? ‘ Dia menjawab, ‘Iya. Demi bapakku’. Dan setiap kali dia menceritakan tentang Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, dia selalu mengatakan ‘Demi bapakku’. Beliau bersabda: “Keluarkanlah para gadis remaja yang dipingit dalam rumah.” Atau beliau bersabda: “Para gadis remaja dan wanita-wanita yang dipingit dalam rumah -Ayyub masih ragu- dan wanita yang sedang . Dan hendaklah wanita yang sedang dijauhkan dari tempat shalat, agar mereka dapat menyaksikan kebaikah dan mendo’akan Kaum Muslimin.” Hafshah berkata, “Aku bertanya kepadanya, ‘Wanita yang sedang juga? ‘ Dia menjawab, ‘Bukankah mereka juga hadir di ‘Arafah dan menyaksikan ini dan itu? ‘.”

 

(BUKHARI – 1024) : Telah menceritakan kepada kami Ishaq bin Ibrahim Al Hanzholah berkata; Aku berkata, kepada Abu Usamah apakah ‘Ubaidullah telah menceritakan kepada kalian dari Nafi’ dari Ibnu ‘ radliallahu ‘anhuma bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Seorang wanita tidak boleh mengadakan perjalanan diatas tiga hari kecuali bersama mahramnya”.

Hadist tentang wanita, hadist tentang wanita.

Recommended Reading

Komentar

komentar